photos

Music

 Yiruma - Kiss the rain .mp3
Found at bee mp3 search engine

My Banner

Niol's Blog

Total Tayangan Halaman

Alat Ekskresi Pada Manusia

Selasa, 24 Agustus 2010

Salah satu ciri dari mahkluk hidup adalah memerlukan makanan. Zat-zat makanan dalam tubuh mahkluk hidup diubah menjadi energi. Saat mengubah zat makanan menjadi energi, sel menghasilkan limbah. Limbah yang dihasilkan berupa zat-zat sisa metabolisme. Zat  ini tidak dimanfaatkan lagi oleh tubuh. Oleh karena itu, zat ini harus di buang agar tidak meracuni tubuh .Jadi ekskresi artinya ‘’Pengeluaran limbah hasil metabolisme pada organisme  hidup.’’



Zat sisa metabolism yang harus dikeluarkan antara lain karbondioksida (CO2), urea, air (H2O), ammonia (NH3), kelebihan vitamin, dan zat warna empedu. Urea, air, dan ammonia di buang melalui ginjal berupa urine.
a.  Urea
Urea dibentuk oleh hati dari protein yang tidak di perlukan darah. Urea terdiri atas zat nitrogen yang beracun bagi darah, sehingga harus dibuang.
b.  Amonia
Amonia merupakan hasil dari perombakan protein. Senyawa ini berbahaya bagi tubuh, sehingga harus dikeluarkan secara teratur melalui proses ekskresi.
c.  Air
Air sangat penting dalam proses metabolisme tubuh, tapi jika jumlah air terlalu berlebih akan membuat konsentrasi darah menjadi tidak konstan. Untuk itu kelebihan air harus dibuang supaya keseimbangan konsentrasi darah terjaga. Proses ini disebut dengan osmoregulasi.
Alat pengeluaran utama pada manusia berupa ginjal, kulit, paru-paru dan hati.
·         Ginjal mengeluarkan air, ammonia dan zat warna empedu > berupa urine
·         Kulit mengeluarkan air dan garam-garaman > berupa keringat
·         Paru-paru mengeluarkan karbondioksida dan air > dalam bentuk uap air
·         Hati menghasilkan zat warna empedu yang merupakan hasil perombakan sel darah.


0 komentar:

Posting Komentar

pejalan kaki

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Plurk